Monday 14 May 2018

MANFAAT & AKIBAT KEKURANGAN HARA N,P, K PADA JAGUNG

Unsur hara N, P & K merupakan unsure hara makro yang jumlahnya banyak dibutuhkan oleh tanaman, kekurangan salah satu unsure hara akan berdampak pada tanaman.

I.  UNSUR HARA NITROGEN (N)
Unsur N (Nitrogen) dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar merupakan unsur hara yang digunakan tanaman untuk pertumbuhan tanaman sehingga dalam memenuhi unsur N tersebut dilakukan pemberian pupuk yang mengandung Nitrogen misalnya Urea, ZA dll

a. FUNGSI NITROGEN (N)
Merangsang pertumbuhan vegetatif yaitu menambah tinggi tanaman dan merangsang tumbuhnya anakan,
-   Membuat tanaman menjadi lebih hijau karena banyak mengandung butir-butir hijau daun yang penting dalam fotosintesa.
-   Merupakan bahan penyusun khlorofil , protein, dan lemak. Tetapi bila diberikan N terlalu banyak ke dalam tanah dapat menhambat pembungaan dan pembuahan.
-  Nitrogen sebagai bahan fotosintesis, protein dan asam amino berperan dalam pembentukan sel, jaringan juga organ tanaman. Pada fase pertumbuhan vegetatif kebutuhan tanaman akan N sangat tinggi.  

b. AKIBAT KEKURANGAN NITROGEN
Defisiensi N menyebabkan daun tanaman jagung klorosis hijau kekuningan. Nitrogen bersifat mobile, maka gejala dimulai pada yang lebih tua (daun paling bawah), daun yang lebih rendah dan akan bergerak naik ke daun bagian atas tanaman jika kekurangan terus berlanjut (Gambar b).
Gejala khas muncul pada daun yang menguning berbentuk “V” (Gambar a), mulai dari ujung dan maju ke pelepah menuju dasar daun. Kondisi ini disukai oleh tanah jenuh, tanah kering dan miskin N
Tak hanya pada daun, pada buah tanaman jagung juga unsur Nitrogen mempunyai peranan  yang sangat penting sebagai bahan penyusun khlorofil daun, protein, dan lemak. Beberapa hasil penelitian menunjukkan besaran takaran dan waktu pemberian pupuk N memberikan pengaruh  pada buah jagung Tanaman jagung yang kekurangan unsur N buah jagung tidak terisi sepenuhnya pada tongkol jagung. biji yang dihasilkan juga kecil – kecil akibat dari proses protein yang tidak sempurna (Gambar c, d)
         

c. AKIBAT KELEBIHAN NITROGEN :

Tak hanya kekurangan, kelebihan unsur hara N pada jagung mengakibatkan jagung lambat berbuah, karena terpacu pada pertumbuhan vegetatif ini di tandai dengan warna daun terlalu hijau, tanaman rimbun dengan daun. Tanaman berbuah tetapi sedikit, biji yang dihasilkan kecil dan ringan

II.  UNSUR HARA FOSFOR (P)
Sama seperti Nitrogen, Fosfor atau yang sering juga disebut Phosfat juga mempunyai peranan yang tak kalah penting, khususnya pada tanaman jagung, menjelang masa generatif memerlukan banyak energi dari fosfor dalam proses pembentukan buah.
Fosfor sangat mobile pada tanaman ketika kekurangan mentranslokasi dari jaringan tanaman tua ke muda. Akibatnya, respon vegetatif awal untuk P sering diamati.
Pupuk fosfor yang beredar dipasaran adalah : TSP, SP-36, SP 18 dan lain lain
Fosfor sangat mobile pada tanaman ketika kekurangan mentranslokasi dari jaringan tanaman tua ke muda. Akibatnya, respon vegetatif awal untuk P sering diamati. pada tanaman dewasa, P lebih banyak diserap pada proses pembentukan buah, di mana pembentukan biji dan buah membutuhkan energi yang tinggi.

a. FUNGSI FORFOR
-  Memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistim perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda.
- Mempercepat proses pembungaan dan mempercepat proses pemasakan buah, biji.
-  Memperbesar persentase pembentukan bunga menjadi buah atau biji.
-  Sebagai bahan penyusun inti sel, lemak dan protein
-  Bertugas mengedarkan energy keseluruh bagian tanaman

Pada proses pembungaan kebutuhan fosfor akan meningkat drastis karena kebutuhan tanaman akan energi meningkat dan fosfor adalah komponen penyusun enzym dan ATP yang berguna dalam proses tranfer energy

b. GEJALA KEKURANGAN FOSFOR
-  Kekurangan fosfor terlihat dimulai dari daun tua, daun yang muda biasanya masih berwarna hijau (gambar a)
-  Dalam keadaan kekurangan P yang parah, daun, cabang, dan batang berwarna ungu, hingga agak kelabu (gambar a)
- Tepi daun cokelat, tulang daun muda berwarna hijau gelap-ungu. Hangus, pertumbuhan daun kecil, kerdil akhirnya rontok (gambar b)
-  Keadaan perakaran tanaman yang kekuranangan P terhambat dan tidak berkembang, tanaman Nampak kurus
-  Hasil tanaman yang berupa bunga, buah dan biji merosot. Karena biji tidak terisi secara penuh pada tongkol (gambar c), buah yang dihasilkan lekas matang
-      batangn tanaman jagung menjadi lemah

c. AKIBAT KELEBIHAN UNSUR FOSFOR (P)
Kelebihan P menyebabkan penyerapan unsur lain terutama unsur mikro seperti besi (Fe), tembaga(Cu), dan seng(Zn) terganggu. gejalanya tak terlihat secara fisik ditanaman.
Tumbuhan kerdil Warna daun berubah menjadi ungu atau coklat mulai dari ujung-ujung daun

III.  UNSUR HARA KALIUM (K)
Fungsi unsur hara Kalium yang paling penting di tanaman adalah dapat mengaktifkan setidaknya 80 enzim yang mengatur laju reaksi pertumbuhan tanaman utama. K juga mempengaruhi efisiensi penggunaan air pada tanaman.
Unsur hara Kalium (K) yang sudah beredar di pasaran bermacam macam dalam bentuk pupuk cair dan padat yaitu adalah : KCL, ZK dll, atau N P K yang didalamnya sudah terdapat unsur Kalium (K). 

a FUNGSI UNSUR KALIUM (K)
-  Memperlancar fotosintesa,
-  mengatur buka tutup stomata
-  mengatur distribusi air dalam sel dan jaringan.
-  Membantu pengangkutan gula dari untuk pembentukan protein dan karbohidrat,
-  Mengeraskan jerami / batang tanaman,
-  Meninggikan kualitas hasil yang berupa bunga dan buah (rasa dan warnanya),
-  Meningkatkan resistensi tanaman terhadap gangguan OPT dan kekeringan,
-  Pada tanaman, unsur K terkumpul pada titik tumbuh dan berperan mempercepat pertumbuhan jaringan meristimatik.

b.   AKIBAT KURANG KALIUM (K)
-  Kalium satu dari 6 unsur makro yang tersifat mobile, Kekurangan Kalium terdeteksi dari daun paling bawah,  daun mengerut & menguning klorosis, timbul bercak- merah coklat, lalu kering dan mati (Gambar a)
-  Pertumbuhan tanaman lambat dan kerdil,
-  Tanaman mudah patah dan rebah,
-  Bunga mudah rontok, rentan terhadap OPT
-  Daun awalnya mengkerut dan mengkilap, selanjutnya ujung dan tepi daun mulai terlihat kekuningan, menjalar diantara tulang daun. Kemudian tampak bercak- merah coklat dan akhirnya daun mati,
-  Kekurangan K pada buah jagung mengakibatkan buah jagung tidak terisi secara penuh pada tongkol. (Gambar c)

c. AKIBAT KELEBIHAN KALIUM (K)
Kelebihan Unsur Kalium menyebabkan penyerapan Unsur Ca dan Mg terganggu. Pertumbuhan tanaman terhambat. sehingga tanaman mengalami defisiensi Unsur Mikro Ca dan Mg terganggu, padahal unsur Ca & Mg sendiri sangat dibutuhkan meski dalam jumlah yang kecil.

No comments:

Post a Comment